>Welcome To My Blog | Blogger Newbie | Ilmuriza Tech | v-ilmuriz.blogspot.co.id | Oleh Riz Anonymous
Breaking News
Loading...
Monday 9 November 2015

Info Post
Apakah sobat pernah berfikir, kenapa urut-urutan huruf dalam keyboard begitu ngacak ? Tak hanya di keyboard komputer saja, di keyboard Handphone hingga di mesin ketik. Susunan huruf dalam keyboar ini dinamakan sebagai "QWERTY". Diambil dari 6 susunan huruf pertama.
Meskipun dipandang tiap hari, pernah ngga sih kamu bertanya kenapa keyboard di komputer, laptop hingga handphone kita urutannya "qwerty"? Apa asal-usul keyboard kita bisa berantakan gini hurufnya? Kenapa bisa "qwerty"?





Pada zaman dahulu kala, keyboard pada mesin tik, kebanyakan menggunakan susunan huruf sesuai dengan urutan alfabet (abcde).

Tapi satu permasalahan terjadi., banyak dari kata bahasa inggris, menggunakan huruf yang terlalu berdekatan sehingga tuas pada mesin tik tersebut seringkali menyangkut ketika digunakan.





Oleh karena itu pada tahun 1874, Christopher Sholes memecahkan permasalahan tersebut dengan membuat mesin tik model huruf “qwerty”


Ia mendesain keyboard “qwerty” untuk memisahkan pasangan huruf yang sering digunakan, agar menjadi berjauhan sehingga mesin tik akhirnya jadi lebih efisien digunakan.






  Meskipun begitu, ada sebuah temuan lain yang menjelaskan bahwa susunan keyboard “qwerty” ternyata dibuat untuk memudahkan komunikasi dari telegraf, yang berbentuk kode morse.



Susunan alfabet biasa, dianggap sulit digunakan untuk menerjemahkan kode mors, sehingga kemudian akhirnya dikembangkanlah susunan keyboard “qwerty” yang terus digunakan hingga sekarang.
  





Jadi mulai sekarang silahkan lihat keyboard kamu. Karena dibalik urutan tersebut ternyata terdapat sejarah panjang yang terjadi pada keyboard tersebut.


subcribe this channel : Kok Bisa


14 komentar:

  1. owalah, jadi gitu.. nice info om...

    ReplyDelete
  2. Jadi tau deh gan sejarahnya. Bermanfaat gan.

    ReplyDelete
  3. Baru tau smua itu...

    ReplyDelete
  4. ternyata awalnya seperti itu ya ,,hehehemmm .... .

    ReplyDelete
  5. Kunjugan balik dari
    rizalzalle.blogspot.com
    Wahhh jadi ternyata begitu ya awal mula dan alasan kenapa keyboard gak pake urutan alphabet seperti biasanya mantap gan .. lanjutkan

    ReplyDelete
  6. ane kira udah dimodel begitu dari awal trnyata ada sejarahnya nice share gan

    ReplyDelete
  7. wah makasi gan info nya, jadi tau saya sejarah si qwerty ini (o) (o)

    ReplyDelete
  8. Christopher Sholes toh yang buar abc jadi ilang!!

    ReplyDelete
  9. kirain asal bikin aja mereka wkwkwkwk

    ReplyDelete
  10. ane kirain yg bikin microsoft, :))

    ReplyDelete
  11. Iya, sebenernya penasaran kenapa nggak dibikin urut ABCD aja kayak biasa. Ternyata ini buat mengurangi typo toh hahaha Tapi orang jaman sekarang juga masih typo aja, apa perlu direvisi lagi nih urutannya? ;)

    www.halmarsanitary.com

    ReplyDelete